Rabu, 03 April 2019

Pelajaran dari Hud-Hud dan Laba-Laba

Pelajaran dari Hud-Hud dan Laba-Laba

Oleh : Edriana, S.Pd

Sewaktu kecil saya belajar mengaji di TPA Masjid Mukhlisin Daya Bangun. Waktu itu yang mengajarkan kami mengaji adalah seorang kakek-kakek yang kami panggil Inyiak Menan. Mengaji dengan beliau tidak hanya belajar membaca Alquran, tetapi setiap hari jum'at kita diceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul.

Saya teringat pernah beliau cerita tentang burung Hud-Hud dan nabi Sulaiman.
Dimana burung Hud-Hud kena tegur oleh Nabi Sulaiman karena tidak berada dalam barisan saat sang Nabi memeriksa seluruh prajuritnya yang beranggotakan tak hanya manusia tetapi juga hewan termasuk burung Hud-Hud. Ternyata burung Hud-hud menghilang karena dia melihat suatu negeri yang melakukan kemungkaran. Ratu dan raktyat negeri tersebut tidak menyembah Allah, tetapi menyembah matahari. Hud-hup pun terusik dan melaporkannya kepada Nabi Sulaiman A.S. dan mungkin kita semua sudah mengetahui kisah tersebut. Tetapi ada hikmah yg bisa saya ambil, hud-hud saja yang notabenya hewan yang hidupnya biasanyan hanya dari makan ke makan berikutnya saja, merasa terusik hatinya saat melihat kemungkaran. Dia tidak diam saja. Ada usahanya untuk merobah dan memperbaikinya. Dan Alhamdulillah pengaduan burung Hud-hud kepada Nabi Sulaiman membawa perobahan yg siknifikan. Ratu Balqis yg seorang penyembah matahari mendapatkan hidayah Allah.

Dan ada cerita lain yang mengandung hikmah yang sama. Cerita laba-laba yang membuat sarang di mulut gua Tsur tempat Rasulullah sembunyi dari kejaran kaum Quarisi saat beliau hijrah. Laba-laba yang notabe nya hewan kecil yang lemah, berusaha memberikan sungbangsihnya untuk keselamatan Rasulullah.

Burung Hud-hud dan laba-laba yang kapasitas pikirannya terbatas dan tubuhnya yang kecil dan lemah saja tergerak hati nya untuk melakukan hal-hal besar. Peduli dan memberi sumbangsih bagi kehidupan manusia.

Apatah lagi, kita manusia. Makhluk Allah yang paling mulia. Harusnya kita tidak boleh kalah dari Hud-hud dan Laba-laba. Sedikit banyak peduli lah dengan masyarakat  dan negara. Jangan hanya peduli kepada diri pribadi dan keluarga saja.

Ayo lebih baik. Buktikan kita lebih dari hud-hud dan laba-laba. Bisa bersumbansih lebih, dan lebih lagi bagi bangsa dan negara kita. 😊

#jadilahrakyatcerdas
#ayolebihbaik
#2019pilihpks
#prabowosandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar