Rabu, 03 April 2019

Hati Penyelesai Segala Masalah

Hati Penyelesai Segala Masalah

Oleh: Edriana, S.Pd

Tadi sore mendapatkan ilmu berharga  tentang hati dari seorang guru sejati. Dimana hatilah pangkal segala hal dalam hidup dan kehidupan ini. Ada hati yang hidup bersih, sehat, maka sang raga pun akan mengikut menjadi kuat, walaupun sebenarnya sang raga banyak juga yang dikeluhkan. Sibuklah..capeklah...sakit ini itulahlah. Tapi semuanya insyaAllah akan terkalahkan karena imbas hati yg di dalam kondisi prima. Dan seribu alasanpun akan tercipta, terlahir untuk melakukan kebaikan. Kebaikan yang tidak hanya untuk diri sendiri tetapi lebih dari itu, kebaikan untuk masyarakat. Kebaikan untuk ummat. Kebaikan untuk bangsa dan dunia.

 Seperti raga, ada bersih, sehat dan ada juga yang sakit . Sang hati juga juga ada dalam kondisi sakit dan ternoda. Dimana sakitnya sang hati akan berpengaruh juga kepada sang raga. Raga sehat, kuat tapi kalau hati sakit, raga pun ikut nelangsa.
Saat hati sakit, apapun pekerjaan tentang kebaikan itu akan terasa beeraaattt. Kaki melangkah kemesjid terasa di rantai. Badan kuat atletis seakan tak berdaya melangkah kepengajian jika sang hati sakit. Wajah segar, cantik rupawan tak akan bisa melukiskan keindahan senyum saat sang hati lagi kesakitan. Seribu alasan akan tercipta, terlahir untuk melarikan dari dari kebaikan. Maka keegoisanpun datang merajai hati. Cukup lah berbuat untuk diri dan orang-dekat yang disayangi. Orang lain tak akan masuk hitungan. Apalagi saudara- saudara yang berada nun jauh di sana. Seakan-akan itu bukan urusan kita. Tak usah peduli. Tak usah diambil pusing. Urus saja urusan masing-masing. Toh saya tidak mengganggu mereka. Kata-kata itu dilontarkan untuk membenarkan keegoisannya.

Apalagi, kalau hati ini mati. Maka tubuh sahat dangan wajah rupawan takan ada artinya lagi. Raga ini tak obahnya seperti mayat hidup. Menakutkan!

Hati itu tempat bersemayamnya niat. Dan niat hanya Allah SWT yang tahu. Jadi hati itu adalah domainnya Allah. Bila niat-niat yang ada di dalam hati itu bersih, tampa noda hanya krn Allah semata maka hati akan sehat dan kuat.
Saat niat-niat yang bersemayam di dalam hati adalah niat palsu, ternoda, kotor, maka hatipun akan sakit.

Kerja-kerja dakwah membutuhkan hati-hati yang bersih, kuat dan sehat dari para muharriknya. Karena tampa hati yang sehat dan kuat maka kerja-kerja dakwah akan terasa amatlah berat dan merugikan. Kerja-kerja dakwah adalah pekerjaan yang bigbos nya Allah. Menilainya Allah. Dan memberi imbalannya Allah.
Bila tidak karena Allah semuanya terasa berat, dan tidak akan bertahan lama. Maka  ujung-ujungnya menyerah dan permisi tampa kembali.

Na'uzubillahi mindzalik

Hati saya pribadi jauuh dari kata bersih dan sehat. Noda dan cela dimana- mana. Sama-sama belajar menjaga kebersihan hati yuk! Karena hati yang bersihlah yang akan menyelesaikan semuanya. Dari masalah kecil dan sepele sampai masalah besar dan rumit. Hati yang bersih dan sehatlah yang bisa menyelesaikan kerja-kerja dakwah yang berat dan panjang. Hati yang bersihlah yang akan menyelesaikan kecamuk bangsa dan dunia.

Dan hati yang bersihlah yang akan damai menemui Rabbnya...

#hatibersihdansehat
#hatiparamuharrikdakwah
#terusberjuangdanbergerak
#2019gantipresiden
#ayolebihbaik
#pksselaludihati
#terusbelajar
#tarbiyahsepanjanghayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar