Rabu, 03 April 2019

Mari Berhijrah

Mari Berhijrah

Oleh: Edriana, S.Pd

"Ummi..tolongin dedek ambilin baju donk, pasti ummi bayak dapat pahalanya" rayu sidedek agar aku mau ngambilan baju buat dia. Ku kulum senyum mendengar rayuannya. "Oke sayang"..jawab ku. "Jadi ummi dapat pahala donk kalau bantu dedek?" "Iya mi," jawabnya.

Anak sekecil Raisa yg baru berumur 4,5 tahun pun sadar, setiap apapun yang dilakukan pasti akan mendapat balasan dari Allah. Apalagi kita yang sudah dewasa. Tetapi terkadang kita lupa.

Dari bangun tidur sampai tidur lagi sebenarnya adalah ladang pahala atau sebaliknya bisa menjadi ladang dosa.

Seorang ibu memasak untuk keluarganya, sebenarnya tidak hanya sampai dimana makanan tersebut bisa mengenyangkan perut keluarga, tetapi bisa lebih dari itu, bisa mengantarkqn ke syorga bila diniatkan karena Allah dan itu akan menjadi ibadah.

 Seorang ayah yang bekerja banting tulang mencari nafkah untuk keluarga, sebenarnya tidak hanya sampai berapa uang yang bisa dibawa pulang. Tetapi bisa lebih dari itu. Bisa membawa kesyurga dan mendapat pahala layaknya mujahid yg berjihad di jalan Allah.

Seorang guru, sebenarnya tidak hanya sampai dimana materi pelajaran bisa diterima oleh anak didik, tetapi bisa lebih dari itu, insyaAllah akan mengalirkan pahala yg terus-menerus walau sang guru sudah di alam kubur, saat ilmu yang diajarkan diniatkan karena Allah.

Seorang pedagang tidak hanya sampai keuntungan yang didapat dari perniagaannya, tetapi bisa lebih dari itu bila dia menjadi pedagang yang jujur. Dan bisa membawa ke neraka saat sang pedangan mencurangi timbangan dan takaran.

Sang politisi tidak hanya sampai dimana suara rakyat yang di dapatkannya, tetapi bisa lebih dari itu, sang politisi bisa menjadi dai di parlemen sehingga menghasilkan undang-undang untuk kebaikan ummat. Tetapi sebaliknya bisa mengantarkan ke neraka saat kepercayaan rakyat dikhianati.

Apalagi pemimpin, tidak sekedar dihargai dan dicintai rakyatnya, tetapi bisa lebih dari itu, yaitu mendapat cinta dan naungan dari Allah nanti diakhirat bila menjadi pemimpin yang amanah dan adil kepada seluruh rakyatnya. Tetapi bisa mendapat murka dari Allah bila pemimpin mengkhianati dan tidak adil kepada rakyatnya.

Mari berhijrah menjadi lebih baik.

Selamat tahun baru Islam 1440 Hijriah

Semoga tahun depan lebih baik dari tahun yang akan berlalu.

#selamattahunbaruhijriah
#1440h
#berkhitmaduntukrakyat
#ayolebihbaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar