Sabtu, 20 Desember 2014

Ketika Tangan si Kakak Sakit



Ketika Tangan si Kakak Sakit

Anak-anak senang sekali main air. Jadi setiap aktivitas rumah tangga sehari-hari yang berkaitan dengan air seperti mencuci pakaian, mencuci piring, mencuci sayur, menyiram bunga pasti mereka akan datang “membantu”.
Sewaktu membawa kain kotor untuk di cuci ketempat cucian, kedua gadis kecil ku azzahradan najma sudah bersiap-siap untuk membantu. “Kakak bantu ummi ya!!” rayu nya. Awalnya saya tidak mengizinkan takut baju nya basah, lalu masuk angin, dan membuat pekerjaan saya menjadi  lama.  Tetapi karena rayuan dan rengekkan mereka, akhirnya aku izinkan juga.
PhakK!!Phakk!! air yang di dalam ember besar ditepuk-tepuk sidedek, sementara sikakak asyik memasukkan kain  kotor untuk direndam sambil menghitungnya satu persatu 1…2…3....”Ini baju siapa nak”? Tanya ku sewaktu memasukan sepotong baju ke ember untuk direndam.” baju abi”jawab mereka bersahutan,”warnanya apa,cok,,,””lat”sambungmulutkecilnya.” ini celana siapa sayang”? Tanya ku sambil mengangkat celana  merahmuda kesayanggan si kakak?”celana kakak,”jawabnya riang. Sambil bekerja kami bernyanyi- nyanyi riang. Air berserakkan sampai keluar kamar mandi tempatku mencuci pakaian,  busa sabun sudah menempel di mana-mana, di tangan dan baju si dedek, bahkan sampai kekepala si kakak. Baju mereka basah kuyub, termasuk pakaian yang ku kenakan juga tak luput dari siraman-siraman air dari mereka berdua. Mencuci selesai, mereka saya mandikan,  di balur minyak kayu putih dan didandani dengan rapi. Setelah rapi dan cantik, mereka ngekor lagi ketempat jemuran kain. Begitulah kegiatan mencuci baju menjadi sarana belajar dan bermain bagianak-anak ku.
Mencuci piring juga tak kalah serunya. Kedua kakak beradik ini, juga rajin “membantu “. Meremas-remas spon pencuci piring adalah kesukaan si dedek. Sedangkan si kakak yang berumur 3,5 tahun si buk” menyabuni  satu dua buah piring dan gelas dari plastic. “ kakak bantu ummi” katanya bangga. “anak ummi rajin” puji ku menambah semangat nya,” dedek juga rajin” tak lupa aku juga memuji sidedek. Sementara mereka sibuk “membantu” aku sibuk mencuci gelas,dan peralatan lainnya. Jadi kalau aku mencuci piring, spon nya harus banyak. Karena banyak yang bantu. Tapi kegiatan cuci mencuci  bersama ini hanya bisa berlangsung saat cuaca cerah, Kalau lagi tak cerah, kegiatan cuci mencuci bersama ini ditiadakan dan diganti dengan kegiatan lipat, melipat kain, bersih-bersih rumah atau masak memasak. Yang pasti semua kegiatan yang aku lakukan, mereka pasti akan “membantu”.
Suatu hari, saat akan tidur si kakak menggaruk-garuk tangannya. Ternyata tangannya memrh dan timbul bulatan-bulatan kecil. Kulit nya memang sensitive sejak dari bayi. Lalu dia berujar sambil menatap ku dengan tatapan sendu “ tangan kakak sakit mi…, tak bisa lagi kakak bantu ummi ”.Bergetar hati ini mendengar komentar putri kecil ku. keluar air mata haru dari pelupuk mata ku. Anak sekecil itu sudah berpikir dan berperasaan seperti itu. Aku peluk di dengan cinta, “ ngak papa sayang” jawabku sambil menciuminya. “Sekarng kita obati dulu tanggannya ya!! Ku oleskan salep untuk mengobati tangan nya yang kemerahan. “Berdoa kepada Allah, agar Allah berikan kesembuhan atas tangan kakak yang sakit ya!!  Ya Allah…Sembuhkan lah tangan kakak,,agar  kakak bisa membantu ummi lagi, Aamin!!! . Selesai berdoa, wajah sendunya berangsur-angsur pudar dan senyum nya pun terbit kembali.
Ternyata banyak hal yang banyak didapat dalam kegiatan cuci-mencuci bersama, atau kegiatan rumah tangga lainnya yang “dibantu” mereka. Dalam kegiatan tersebut anak-anak dapat bermain sambil belajar. Baik itu belajar berhitung, mengenal warna, bentuk dll. Anak-anak juga terlatih bekerja sama, berbagi tugas, saling bantu-membantu. Motorik kasar dan halus anak juga terlatih. Selain itu anak tetap dalam pengawasan orang tua.  Dan yang paling penting, lagi kedekatan emosi anatara anak dan orang tua semakin erat Anak belajar berempati terhadap pekerjaan dan tanggung jawab orang tua,  dan secara tidak langsung sianak juga mulai dilatih keterampilan  berbagai macam pekerjaan rumah tangga yang dimana kelak pasti dipergunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar